Perbedaan Desain Grafis Dan Seni Lukis

Bingung Designer apa Seniman ??


       Mungkin secara awam, segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan visual (yang terlihat dengan mata)  akan dikatakan dengan desain grafis. Walaupun sebenarnya desain dan seni itu adalah dua hal yang berbeda arti dan makna. 

       Secara harfiah desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain Grafis sebagai seni terapan adalah bentuk seni yang penerapannya berlaku secara umum dalam bentuk komunikasi visual. Desain grafis adalah suatu teknik merancang tampilan grafis agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan target konsumen. Dalam hal ini, egoisme desainer harus dikesampingkan dan lebih mengedepankan fungsi dari desain grafis itu sendiri.

        desain grafis berorientasi kepada kegunaan atau kegunaannya. Desain grafis yang professional akan dilihat dari seberapa besar impact dari karya yang dihasilkannya. Inti nya seorang designer yang baik harus mengikuti apa yang konsumen mau dan tidak mementingkan keinginannya sendiri.

       Sedangkan Seni Visual adalah Seni bersifat individual dan berorientasi kepada ekspresi dan kepuasan dari pembuatnya (seniman), atau dengan kata lain sebuah karya seni lebih bersifat ekspresif dan tidak punya tujuan secara umum. sebagai contoh dari hasil keduanya adalah sebuah poster dan sebuah lukisan. 


       Sebuah lukisan tidak merayu siapapun untuk melakukan apapun, maksudnya Lukisan hanya menggambarkan sesuatu yang bisa dinilai bebas dari berbagai sudut pandang entah itu nilai estetika, keseimbangan, permainan warna dll. 

       Jadi kesimpulannya seorang designer dan seorang seniman itu berbeda. tidak semua seni murni itu akan sama saat pembuatannya.. maksudnya, setiap pelukis pasti tak akan sama hasilnya pada setiap karya lukis, berbeda dengan design grafis berteknologi yang dapat dengan mudah memperbanyak, dibuat oleh siapa saja dan dimana saja. Tapi yang penting ilmu itu sendiri. (jaka zulham)

sumber : http://www.desainstudio.com/
Previous
Next Post »