Sejarah Design Grafis

Apa itu design grafis..???




       Haloo netizen salam kenal dari ane admin blog http://desainkuy.blogspot.co.id/ nah kali ini ane pengen ngasih informasi soal sejarah design grafis dan apa itu sebenernya design grafis,,??

       Design Grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan / tujuan design tersebut . Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

lukisan gua di Lascaux

       Pada awal mulanya design grafis berasal dari penemuan produk komunikasi visual tertua yang pernah ditemukan adalah lukisan gua di Lascaux, Perancis, yang diperkirakan berasal dari 15.000-10.000 SM. 

    
        Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.

       
Journal of Design and Manufactures
       Henry Cole adalah salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures . Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

       Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya



Nah gimana ? lumayan panjang kan sejarah desain grafis di dunia,yang dari awalnya hanya sebuah lukisan gua hingga menjadi sebuah jurnal atau buku, design grafis memang ga ada matinya dari jaman ke jaman akan selalu berkembang dengan trend trend yang sedang populer.

kalau kata suhu ane mah design itu diibaratkan sebuah jantung dari sebuah hasil karya sastra maupun karya film, ko bisa gituu?? yah karna design grafis itu menggambarkan sebagian isi, makna atau cerita dari sebuah karya yang biasanya dalam bentuk cover atau poster untuk mempromosikan karya tersebut. naah sekian dulu informasi dari ane, semoga artikel yang ane bagiin bisa bermanfaat bagi semua yang membacanya terus berkarya dan terus majukan desain grafis indonesia SEMANGART...!!!


sumber : https://id.wikipedia.org/
First